PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU IPA SMP KOTA SEMARANG
Keywords:
MGMP, pembelajaran IPA, keterampilan abad 21, pembelajaran virtual, pengembangan keprofesian guruAbstract
Tujuan kegiatan PKM ini untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru fisika/IPA dalam mengatasi kesulitan terhadap belum adanya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran fisika/IPA di SMP sebagai bagian dari pengembangan keprofesian guru. Target khusus PKM ini adalah mendesain, membuat dan menggunakan media pembelajaran virtual untuk materi fisika/IPA. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan dan pelatihan. Kegiatan pada PKM ini adalah pendampingan dan pelatihan mendesain, membuat dan menggunakan media pembelajaran virtual untuk materi fisika/IPA SMP. Kegiatan ini diawali dengan diskusi permasalahan yang dihadapi oleh MGMP fisika/IPA SMP sebagai analisis situasi mitra dan analisis kebutuhan yang diharapkan guru-guru MGMP fisika/IPA SMP. Kegiatan PkM Pengembangan Keprofesian Guru Bagi Guru IPA SMP Kota Semarang telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Peserta termotivasi untuk mengimplementasikan pembelajaran Abad 21, membuat alat peraga fisika sederhana dari bahan-bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar dan harga bahan terjangkau, dan membuat bahan ajar menggunakan Latex.