PENGUATAN PENJUALAN BANDENG PRESTO UKM MEKAR SARI SEMARANG MELALUI PENDAMPINGAN USAHA

Authors

  • Ratih Hesty Utami Puaspitasari Universitas PGRI Semarang
  • Rauly Sijabat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bandeng Presto, Peningkatan Kualitas Produksi, Packaging

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus berjuang menghadapi tantangan ekonomi saat wabah COVID-19 merebak.  Selain membutuhkan dukungan pemerintah, pelaku UMKM perlu melakukan terobosan dan strategi agar tetap mampu bertahan di tengah lesunya ekonomi saat ini. Dampak pandemik yang dirasakan, antara lain anjloknya harga produk kelautan dan perikanan, seperti bandeng, rajungan dan komoditas ikan lainnya. Sulitnya pemasaran produk perikanan juga sangat dirasakan akibat pandemik covid tersebut.

UKM Mekar Sari dengan pemilik bernama Bapak Suwardi yang berlokasi di Kelurahan Krobokan RT 07 RW 08 salah satu pelaku usaha aktif yang memproduksi bandeng presto di Semarang yang masih menggunakan alat produksi secara sederhana.

Solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan keunggulan bersaing mitra adalah (a) Meningkatkan kualitas produksi dengan pemberian alat produksi yang memadai (panci presto berskala besar dan kompor). (b) Pelatihan alat produksi agar jumlah produksi meningkat dan proses lebih efisien. (c) Pembuatan desain packaging plastik dan kardus agar produk memiliki tampilan yang menarik dan mejadi lebih awet.

Downloads

Published

2022-12-31