MASQUENTERPRENEURSHIP WUJUD KEBANGKITAN EKONOMI UMAT MELALUI MASJID PADA ERA NEW NORMAL

Authors

  • Arisul Ulumuddin Universitas PGRI Semarang
  • Qristin Violinda Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Masquenterpreneurship, UMKM, Jamaah, ekonomi umat.

Abstract

Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam yang memiliki peran sentral bagi masyarakat. Masjid bisa berpotensi memberikan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan praktik ekonomi secara umum dan bagi umat Islam secara khusus, melalui perannya dalam meningkatkan praktik ekonomi. Saat pandemi covid-19 banyak pelaku UMKM yang mengalami keterpurukkan dalam usahanya, dan masjid memiliki peran dalam membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan solusi melalui pengembangan pengetahuan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya para jamaah sebagai pelaku UMKM. Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan banyak PHK dan usaha UMKM yang terpuruk diakibatkan mereka tidak dapat mempertahankan usahanya. Hal tersebut menjadi masalah yang belum bisa ditemui solusinya dikarenakan (1) Minimnya pengetahuan mengenai alternatif usaha apa yang bisa dilakukan disaat pandemic covid-19 (2) Keterbatasan pengetahuan didalam manajemen pemasaran dan penjualan untuk dapat memasarkan produksinya secara efektif dan efisien serta memiliki nilai penjualan yang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan itu, maka dilakukan pelatihan pengolahan sabun berbahan minyak sawit yang aman untuk lingkingan dan sangat dibutuhkan di masa Pandemi Covid-19 ini. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dua masjid yaitu Masjid “Al-Muhajirin” Pedurungan Majapahit dan Masjid “Nidaaul Khoirot” Kecamatan Sawah Besar Gayam Sari Semarang.. Hasil akhir kegiatan ini yaitu dapat meningkatkan pengetahuan dan nilai ekonomi jamaah masjid dari 45% meningkat menjadi 85%.

Downloads

Published

2022-12-31