PKM PENULISAN PUISI DENGAN TEKNIK PARMEN PUBER (PARAFRASE UNTUK MENULIS PUISI BERNAS) BAGI GURU SMA DI KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Siti Fatimah Universitas PGRI Semarang
  • Murywantobroto Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

penulisan puisi, teknik Parmen Puber, guru MGMP Kudus

Abstract

Teknik Parmen Puber (Parafrase untuk Menulis Puisi Bernas) merupakan hasil pengembangan yang dimaksudkan untuk meminimalkan kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh penulis, khususnya penulis pemula, dalam menciptakan puisi yang bernas, baik struktur fisik maupun batinnya. Beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu 1) menulis puisi dianggap sulit, 2) puisi yang dihasilkan tidak tendensius, dan 3) diksi, penyusunan kata, penentuan bait, rima, ritma, dan amanat dalam menulis puisi masih tidak tepat serta dangkal. Adanya permasalahan tersebut, tim pengabdi memberikan alternatif solusi berupa sharing pengetahuan dan pengalaman, pelatihan, dan pendampingan penulisan puisi menggunakan teknik Parmen Puber meliputi 1) hakikat atau dasar penulisan puisi dan 2) penulisan puisi dengan teknik Parmen Puber supaya puisi yang diciptakan lebih tendensius atau bernas. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, terbukti teknik Parmen Puber dapat membantu mitra dalam menulis puisi yang lebih bernas dan bermakna. Mitra mengusulkan untuk melakukan tindak lanjut kegiatan pada pendampingan kegiatan serupa, terutama strategi pembelajaran penulisan puisi menggunakan teknik Parmen Puber.

Downloads

Published

2022-12-31