Penerapan Cerita Dongeng pada Apersepsi Pembelajaran Sebagai Sarana Penanaman Pendidikan Karakter Siswa SDN 3 Kedung Jepara

Authors

  • Azzah Nayla Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian Universitas PGRI Semarang

Keywords:

cerita dongeng, pendidikan karakter, para guru dan siswa SDN 3 Kedung Jepara

Abstract

Apersepsi pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran awal yang sangat penting untuk menanamkan pendidikan karakter siswa. Salah satu kegiatan apersepsi tersebut dapat memanfaatkan cerita dongeng. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan cerita dongeng pada kegiatan apersepsi pembelajaran sebagai sarana penanaman pendidikan karakter siswa SDN 3 Kedung Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui angket bagi guru SDN 3 Kedung Jepara. Dalam hal ini konsep karakteristik analitisnya pada penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng. Para guru memberikan cerita dongeng kepada para siswa mereka yang paling dominan adalah apersepsi dikarenakan apersepsi sangat tepat untuk mendorong siswa untuk semangat, tertarik, senang, bahkan fokus pada awal pembelajaran, respon siswa setelah mendengar cerita dongeng adalah sangat senang, diminta mengilang lagi, sangat antusias, sangat memperhatikan, bahkan ada yang menirukan gurunya yang menceritakan dongeng kepada mereka, tema dari cerita dongeng yang diberikan dari Guru-Guru SDN 3 Kedung kepada para siswa mereka mengandung pendidikan karakter, tema dari cerita dongeng yang diberikan kepada siswa. Diantaranya adalah tema tentang sopan santun, tolong-menolong, keadilan, kasih sayang, agama, kerja keras, kejujuran, ketekunan, dan kesabaran. Guru-Guru SDN 3 Kedung menyatakan sangat setuju bahwa pendidikan karakter terdapat cerita dongeng. Karena cerita dongeng sebagai sarana yang sangat mudah untuk menanamkan pendidikan karakter. Cerita dongeng sangat dekat dengan kondisi sehari-hari siswa.

Downloads

Published

2023-12-29