Data Scrapping untuk Optimalisasi Penjualan Produk Skincare di Marketplace
Keywords:
data scrapping, marketplace, optimalisasiAbstract
Penelitian bertujuan untuk memahami penggunaan dan manfaat data marketplace untuk menentukan perilaku konsumen pada Brand Skincare di Indonesia, dengan tujuan sebagai seller mampu membuat gambaran bagi konsumen dalam kepastian untuk memilih brand skincare yang tepat dari produsen maupun seller. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan file log server yang sudah di scraping menggunakan tool Octoparse serta data umum dari seller akan diproses untuk dianalisis menggunakan Xlstat dengan teknik Analisis faktor eksploratori (atau EFA) adalah metode yang mengungkapkan kemungkinan adanya faktor-faktor yang mendasari yang memberikan gambaran umum tentang informasi yang terkandung dalam sejumlah besar variabel yang diukur. Temuan dalam penelitian ini yaitu Hal ini dapat disimpulkan bahwa rating dan banyaknya barang terjual saling terkait dan secara tidak langsung mampu menarik perhatian konsumen dalam melakukan pemilihan alternatif pada produk.