Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

guru SD, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang muncul dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar pada kurikulum merdeka. Penelitian ini penting karena keberhasilan penerapan pembelajaran berdiferensiasi kunci utamanya adalah guru. Dengan mengetahui kesulitan dalam implementasinya maka peneliti dapat melakukan tindak lanjut sebagai alternatif solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya guru SD di Kecamatan Mranggen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis Sesuai Model Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2019) yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi sudah terbentuk melalui proses adaptasi terhadap informasi tentang pembelajaran berdiferensiasi dari rekan sejawat, social media, pelatihan, dan seminar. Mereka juga sudah mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas meskipun belum maksimal. Ditemui beberapa kendala, diantaranya materi, metode, waktu, manajemen kelas, dan media. Simpulan penelitian ini adalah guru SD di Kecamata Mranggen sudah memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi, sudah mengimplementasikan, namun beberapa kendala muncul, yang terbesar adalah kendala waktu dan manajemen kelas.

Downloads

Published

2023-12-29