Pelatihan Pembelajaran Berbasis DAP (Developmentally Appropriate Practices) bagi Guru-Guru SD Negeri Jatingaleh 01 Kota Semarang

Authors

  • Arso Setyaji Universitas PGRI Semarang
  • Rahmawati Sukmaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Faiza Hawa Universitas PGRI Semarang
  • Dias Andris Susanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pelatihan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Guru, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai pendekatan instruksional untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa. Namun, untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ini pada proses pembelajaran tidaklah mudah. Hal ini disebabkan karena setiap peserta didik mempunyai tingkat pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda terhadap topik-topik tertentu. Untuk itu, guru mesti mengenal siswanya secara lebih individual untuk dapat menerapkan strategi belajar yang cocok bagi proses perkembangan belajar mereka. Berangkat dari masalah ini, tim pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan tentang pembelajaran berdiferensisi terhadap guru-guru SDN 01 Jatingaleh Semarang. Pelatihan yang diberikan terkait dengan pembekalan materi tentang pembelajaran bediferensiasi, mendesain perangkat pembelajaran berbasis DAP, dan praktik dalam peer teaching. Metode interaktif seperti ceramah dan diskusi dilakukan selama kegiatan berlangsung, diikuti dengan microteaching, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Setelah mengikuti pelatihan ini, konsep guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dan pengaplikasiannya dikelas menjadi lebih matang. Guru memahami dengan betul bagaimana menyusun perangkat pembelajaran berbasis DAP dengan benar beserta langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menerapkan embelajaran berdiferensiasi pada proses pembelajaran dikelas.

Downloads

Published

2023-12-29