Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah Melalui Open Journal System (OJS) Bagi Guru SD Negeri 1 Penyangkringan Kabupaten Kendal

Authors

  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pendampingan, Publikasi, Artikel Ilmiah, OJS

Abstract

Tingkat keprofesionalan guru dibuktikan dengan adanya keprofesionalan dan pemenuhan persyaratan kenaikan jabatan fungsional guru. Publikasi artikel ilmiah juga menjadi salah satu syarat dalam kenaikan jabatan fungsional guru, Publikasi juga mendukung dalam penyebarluasan ide dan ilmu yang telah dilakukan oleh para guru. Sistem publikasi jurnal saat ini juga telah terbuka sehingga lebih memudahkan para akademisi dalam mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya. Namun yang menjadi masalah adalah para guru belum bisa mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel jurnal. Setiap jurnal memiliki gaya penulisan yang berbeda, dan saat ini proses publikasi artikel  sudah melalui sistem yang disebut open journal system atau OJS. Penggunaan sistem online yang termasuk baru menjadi kendala bagi guru dalam proses publikasi, karena belum memahami bagaimana proses publikasi melalui sistem. Maka tim PKM UPGRIS memberikan pendampingan kepada guru di SD N 1 Penyangkringan Kabupaten Kendal untuk publikasi hasil karya ilmiahnya melalui system OJS. Hasil dari pendampingan ini yakni hampir semua peserta telah memahami dan mampu untuk mensubmit artikel ilmiahnya di jurnal yang dituju. Kendala yang dijumpai adalah adanya kesulitan guru untuk memastikan bahwa artikelnya akan tereview dan tersubmit di jurnal yang dituju. Namun hal ini tidak merupakan langkah awal yang baik untuk guru memulai publikasi karya mereka melalui OJS.

Downloads

Published

2023-12-29