OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK DENGAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Theresia Cicik Sophia B., Universitas PGRI Semarang
  • Jafar Sodiq Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin W.L. Universitas PGRI Semarang

Keywords:

olahan pangan, pemasaran digital, google business

Abstract

Kelurahan Muktiharjo Kidul memiliki banyak UMKM, salah satunya di bidang olahan pangan, seperti tahu bakso, bandeng presto, dan olahan kacang. Dari hasil observasi ditemui permasalahan masyarakat di Kelurahan Muktiharjo Kidul yaitu kurangnya pengetahuan tentang digital marketing atau pemasaran digital. Selama ini para pelaku UMKM hanya memasarkan produknya secara langsung di sekitar wilayah Muktiharjo Kidul dan belum mampu menjangkau untuk kalangan masyarakat sekitar luar.  Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pelatihan digital marketing agar target pasar semakin luas dan mampu meningkatkan pendapatan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam melakukan pemasaran secara digital (digital marketing). Metode dalam kegiatan ini terdiri dari empat tahap: persiapan, diskusi, monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu mitra telah memasarkan produk mereka melalui google business serta memberikan perubahan terhadap produk khas Muktiharjo Kidul.

Downloads

Published

2023-12-29