Studi Pelacakan Lulusan Tahun 2021-2023 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

Authors

  • Rahmawati Sukmaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Ajeng Setyorini Universitas PGRI Semarang
  • Faiza Hawa Universitas PGRI Semarang
  • Fitri Yulianti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Studi penelusuran, lulusan, Pendidikan Bahasa Inggris

Abstract

Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh prodi dalam melakukan evaluasi proses pembelajaran dan mengembangkan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan pasar adalah melalui tracer study. Tracer study merupakan studi penelusuran yang dilakukan terhadap lulusan untuk mendapatkan informasi terkait dengan keberhasilan profesionalisme lulusan dalam dunia kerja yang kemudian menjadi alat evaluasi prodi dalam mengembangkan kurikulum.  Studi penelusuran lulusan Program Studi Bahasa Inggris ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kesuksesan profesionalisme lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2021-2023, 2) untuk mengetahui relevansi kompetensi yang dimiliki oleh lulusan dan didapatkan semasa dibangku perkuliahan dengan pekerjaan atau karir yang sekarang mereka geluti, 3) kepuasan pengguna alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dilihat dari beberapa persepsi profesionalisme yang dimiliki oleh lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan pendekatan survey. Populasi penelitian ini berasal dari lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2021-2023. Peneliti menggunakan tehnik convenience sampling untuk mendapatkan sample dalam penelitian ini. Reminder kepada lulusan untuk mengisi kuesioner dilakukan sebanyak dua kali untuk mendapatkan data penelitian ini. Hasil analisis kuesioner yang diisi oleh 82 lulusan menunjukkan bahwa lulusan PBI bekerja sesuai dengan bidangnya, yakni menjadi guru (53.7%) dan bekerja pada sektor swasta; diperusahaan swasta maupun berwirausaha mandiri (19.5%). Masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah kurang dari 3 bulan (67.1%) dan 3-6 bulan (24.4%). Kompetensi lulusan berupa softskill/lifeskill yang didapat selama berada dibangku sekolah sangat bermanfaat untuk menunjang performa kerja lulusan. 4 ketrampilan dasar berbahasa Inggris merupakan kompetensi yang paling tinggi digunakan dalam menunjang performa kerja lulusan (97.6%). Dengan semua kompetensi yang dikuasai lulusan, pengguna lulusan memberikan nilai baik terhadap semua komponen penilaian terkait kompetensi lulusan yang dimanfaatkan dalam pekerjaan. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai acuan bagi prodi dalam mengembangkan diri, mengembangkan SDM didalam prodi dan mencetak lulusan yang berkualitas. Selain itu, hasil penelitian ini juga menjadi acuan dalam membenahi kurikulum dengan melakukan penyesuaian terhadap tuntutan pasar kerja agar lulusan semakin terserap banyak dalam dunia kerja.

Downloads

Published

2023-12-29