Proses Berpikir Kreatif pada Mahasiswa Semester V yang Menggunakan E-Book pada Mata Kuliah Analisis Kompleks

Authors

  • Muhammad Saifuddin Zuhri Universitas PGRI Semarang
  • FX. Didik Purwosetiyono Universitas PGRI Semarang
  • Theodora Indriati Wardani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika, e-book

Abstract

Berpikir kreatif adalah sebuah proses mental yang melibatkan berpikir intutif dan imajinatif dalam menghasilkan ide/ gagasan dari suatu masalah yang dihadapi (He, 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses Berpikir Kreatif  pada Mahasiswa Semester V yang Menggunakan E-Book pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti yang dibantu oleh istrumen tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman (Sugiyono, 2017) dengan proses aktivitas analisis data kualitatif dilakukan secara terus menerus sampai tuntas. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen utama yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk Teknik keabsahan data, menggunakan triangulasi Teknik dan sumber (Sugiyono, 2017) dimana Teknik tersebut merupakan Teknik pengumpulan data yang sifatnya menggabungkan berbagai data dan sumber yang telah ada. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa dengan kemampuan matematika rendah memenuhi aspek luwes (fluency) sementara untuk aspek lancar (flexibility) dan orisinil (originality) tidak terpenuhi.

Downloads

Published

2023-12-29