Pengaruh Pelaksanaan Magang DUDI Pada Kreativitas Penyusunan Media dan Self Leadership Mahasiswa Universitas PGRI Semarang
Keywords:
Magang Dudi, MBKM, Kreativitas Media, Self LeadershipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan magang DUDI pada tingkat kreativitas penyusunan media pembelajaran serta kondisi self leadership yang ada pada diri mahasiswa calon guru. Metode yang digunakan, yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang dipilih adalah post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan semester 3-7. Total responden dalam penelitian ini 82 mahasiswa. 30 Mahasiswa sebagai kelompok tryout, 26 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 26 mahasiswa sebagai kelompok control. Responden yang dipilih untuk kelompok eksperimen adalah mahasiswa yang mengikuti magang kerja di dunia usaha dan industri, sedangkan kelompok control adalah mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan magang kerja. Penelitian ini merupakan jenis ex post facto. Hasil yang diperoleh hasil bahwa magang Dudi berpengaruh pada kreativitas penyusunan media dan self leadership mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah perlu adanya pengukuran baseline kondisi awal softskill mahasiswa sebelum mengikuti program magang sehingga dapat diketahui efektivitas pelaksanaan magang pada pengembangan softskill mahasiswa.