UPSPORT Aplikasi Pemenuhan Kebutuhan Olahraga Berbasis Android (Menu Massage)

Authors

  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Hidayat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Upsport Aplikasi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah olahraga yang dilakukan setiap hari sering mengakibatkan terjadinya cedera olahraga. Berdasarkan hal tersebut butuh terapi massage untuk mengatasi cedera atau untuk mengembalikan kebugaran otot. Kebutuhan masyarakat akan pusat pelayanan massage olahraga yang menyediakan service untuk para penggiat olahraga melalui aplikasi online. Diantaranya adalah ketersediaanya masseur sport massage. Awamnya pengetahuan masyarakat terkait informasi masseur sport massage membuat seseorang menjadi undur diri dari niatan yang ingin berolahraga namun tidak mengetahui informasi masseur apabila terjadi cedera. UpSport adalah aplikasi all in one sports, yang didalamnya terdapat banyak fitur keolahragaan yang dibutuhkan masyarakat saat ini diantaranya adalah kebutuhan informasi masseur sport massage yang kompeten s esuai dengan kebutuhan masyarakat. Aplikasi ini memudahkan seseorang untuk mencari masseur sport massage berdasarkan lokasi terdekat, cabang olahraga, lisensi yang dimiliki serta harga atau tarifnya. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi android yang memudahkan masyarakat dalam mencari masseur sport massage.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian desain dan penegembangan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada awal penelitian desain dan pengembangan data kualitatif lebih dominan dari pada data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh misalnya melalui observasi dan wawancara pada analisis kebutuhan. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan angket dan diukur dengan menggunakan skala likert. Luaran dalam penelitian ini adalah Aplikasi UPSPORT yang memiliki HAKI dan jurnal terakreditasi.

Hasil penilaian yang dilakukan oleh peneliti kepada para pengguna terhadap aplikasi “Upsport Aplikasi Pemenuhan Kebutuhan Olahraga Berbasis Android (menu massage)”, bahwa dari 20 orang responden, terdapat 15 orang menyatakan “sangat layak/sangat baik” dengan persentase 75%, dengan 5responden menyatakan “layak/baik” dengan persentase 15%. Skor Tertinggi pada hasil uji coba lapanagan skala besar sebesar 119 (93,60%) dan skor terendah pada hasil uji coba lapangan skala besar sebesar 96 (88,80%). Sehingga secara keseluruhan berdasarkan penilaian penguna aplikasi menu massage dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Upsport Aplikasi Pemenuhan Kebutuhan Olahraga Berbasis Android” sangat baik/layak untuk dapat digunakan sebagai salah satu aplikasi berbasis android dalam bidang keolahragaan.

Downloads

Published

2023-12-29