Pendampingan Pembuatan Media Promosi Digital Di Desa Nongkosawit, Kec. Gunungpati, Kota Semarang
Keywords:
Desa wisata, Nongkosawit, media sosial, promosi digitalAbstract
Promosi dalam dunia pariwisata mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu destinasi wisata sebagai tempat untuk dikunjungi masyarakat. Desa Nongkosawit yang terletak di kecamatan Gunungpati kota Semarang merupakan salah satu desa wisata di kota semarang yang memiliki potensi pengembangan yang besar. Namun desa ini masih menemui beberapa kendala dalam promosi pariwisata. Permasalahan yang teridentifikasi adalah sebagai berikut: 1) Desa Nongkosawit sebagai desa wisata belum banyak tersosialisasikan di masyarakat, baik dalam negeri maupun internasional; 2) Dalam proses pengelolaan, belum dilakukan promosi wisata yang kreatif dan menarik dengan menggunakan media sosial yang banyak digunakan masyarakat, karena belum adanya inisiatif dari pengelola pariwisata local; 3) Teknologi informasi belum dimanfaatkan untuk tujuan promosi yang lebih luas. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, tim pelaksana pengabdian memberikan ceramah, arahan dan workshop kepada Pokdarwis dan anggota Karang Taruna Desa Nongkosawit tentang pembuatan video promosi pariwisata internasional agar dapat diketahui oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia dan menyadari keunikan desa Nongkosawit. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah: (1) Memberikan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat marginal untuk menghasilkan produk komersial berbasis teknologi tepat guna dan sumber daya lokal serta peluang akses pendanaan bagi usaha mikro (UMKM). (2) Meningkatkan jumlah aplikasi iptek yang dikembangkan UPGRIS untuk masyarakat. Tim PKM akan membimbing, melatih dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Desa Nongkosawit dengan prioritas pelatihan yaitu: membuat promosi berbahasa inggris, promosi digital melalui media sosial, dan desain grafis. Luaran dari kegiatan pengabdian ini (1) Publikasi pada Seminar Nasional Hasil-hasil Pengabdian 2) peningkatan pemberadyaan mitra. Dalam kegiatan ini diharapkan adanya transfer knowledge dari tim pengusul berupa konten kreatif di media sosial dan warga dapat meningkatkan pendapatnnya dengan promosi digital. Luaran tambahan kegiatan ini adalah terbit di media online rri.co.id, upradio.id, dan derapguru.com.