Peningkatan Daya Saing UKM Ceriping Ketela di Desa Mudal Kabupaten Temanggung Melalui Implementasi TTG dan Strategi Pemasaran Digital

Authors

  • Uky Yudatama Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Saifudin Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muhdiyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Meidar Hadi A. Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Bayu Lutvi M. Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

daya saing, Perajang singkong, pemasaran digital

Abstract

Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat skim PKM ini adalah: a). Pengembangan peralatan perajang singkong otomatis serbaguna, b).  Pelatihan proses produksi, c). Mengembangkan model pemasaran digital, menggunakan metode pemberdayaan partisipatif/ PRA (Participation Rural Appraisal): FGD, menyediakan tempat & sarana, pelatihan. Hasil PKM adalah: (1) minat dan motivasi mitra PKM cukup tinggi untuk mengikuti seluruh kegiatan yang diberikan oleh tim pelaksana kegiatan PKM, (2) mitra PKM telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk meningkatkan kuantitas produk dengan memanfaatkan mesin perajang otomatis, (3) mitra PKM telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan promosi online melalui website SEO (Search Engine Optimization).

Downloads

Published

2023-12-29