Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
Keywords:
Bahan ajar; Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penguatan profil pelajar pancasila merupakan upaya konkret impelmentasi pendidikan karakter selaras dengan kurikulum merdeka. Hal ini dilataberlakangi keprihatinan masih maraknya kasus intelorensi di tengah kehidupan masyarakat bangsa Indonesia. International Society for Tecnology in Education menyatakan keterampilan guru yang harus dimiliki pada abad 21 dimana era informasi merupakan ciri utama adalah merancang dan mengembangkan pengalaman belajar; memfasilitasi dan menginspirasi belajar. Secara spesifik komponen pada tahap perencanaan pembelajaran adalah mampu menyusun bahan ajar bernalar kritis dan kreatif yang kini masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pengembangan bermuatan Profil Pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar bermuatan Profil Pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis dan kreatif yang layak/valid dan memiliki keberterimaan yang baik. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan hasil modifikasi borg and gall serta Dick and Carey. Data dikumpulkan melalui Teknik wawancara, angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menujukkan bahwa produk bahan ajar bernalar kritis dan kreatif ini valid dan praktis digunakan.