PENGUATAN KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) SISWA MAN 1 KOTA SEMARANG

Authors

  • Sigit Ristanto Universitas PGRI Semarang
  • Nur Khoiri Universitas PGRI Semarang
  • Affandi Faisal Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Joko Saefan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

KIR, metode ilmiah, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Karya Ilmiah Remaja merupakan salah satu media utama dalam melatihkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menggunakan pendekatan ilmiah. Tujuan kegiatan PKM ini untuk memberikan pendampingan kepada siswa-siswa SMA maupun MA dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membuat karya ilmiah remaja (KIR). Target khusus PKM ini adalah diharapkan siswa mampu membuat proposal KIR. Luaran kegiatan ini proposal KIR. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan dan pelatihan. Kegiatan pada PKM ini adalah penguatan KIR siswa MAN 1 Kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 32 jam pelajaran dan monitoring proposal KIR oleh guru IPA MAN 1 Kota Semarang. Kegiatan ini diawali dengan diskusi permasalahan yang dihadapi oleh siswa MAN 1 Kota Semarang dalam membuat proposal KIR sebagai analisis situasi mitra dan analisis kebutuhan yang diharapkan siswa MAN 1 Kota Semarang. Hasil pendampingan menunjukkan siswa telah mampu Menyusun proposal Karya Ilmiah Remaja, melaksanakan dan menyusun laporannya.

Downloads

Published

2023-12-29