Upaya Peningkatan Persentase Lulusan Melalui Penjaminan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran
Keywords:
Persentase Lulusan, Penjaminan Mutu, PembelajaranAbstract
Peningkatan mutu pendidikan merupakan sarana pembangunan nasional dibidang pendidikan dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan persentase lulusan melalui penjaminan mutu pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diberikan kepada mahasiswa PPG Universitas PGRI Semarang angkatan 2020 dan 2021. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPG Universitas PGRI Semarang Angkatan 2020 dan 2021. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, Angket, dan dokumentasi. hasil penelitian dan analisis data maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penjaminan mutu dapat meningkatkan persentase kelulusan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelulusan mengalami peningkatan dari sebelum tindakan yang hanya mencapai 69,47%, lalu meningkat pada tahun 2021 menjadi 99,00 %. Secara persentase terjadi kenaikan sebesar 29,53%. Selanjutnya secara N-Gain ternormalisasi terjadi persentase N-Gain 96,72%. Selain itu diperkuat dengan hasil angket respon mahasiswa yang memberika kenaikan tertinggi pada kualitas penyelenggaraan kegiatan pengembangan silabus sebesar 23,1%. Sedangkan kenaikan terendah pada kualitas penyelenggaraan kegiatan bimbingan persiapan ppl 2 sebesar 4,9%.