Upaya Peningkatan Persentase Lulusan Program Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang Tahun 2022 Melalui Penjaminan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran
Keywords:
Pendidikan Profesi Guru, Kelulusan, Penjaminan MutuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi penjaminan mutu dalam pelaksanaan pembelajaran PPG guna meningkatkan persentase kelulusan peserta. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Upaya peningkatan mutu lulusan PPG
Prajabatan Tahun 2022 melalui monitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran, monitoring standar sarana prasarana, monitoring standar pembiayaan pendidikan dan hasil belajar telah menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 (PPG Prajabatan semester 1 tahun 2022) ke siklus 2 (PPG Prajabatan 2 tahun 2022). Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran yang lebih baik, melalui bimbingan akademik yang terstruktur dan pengajaran yang lebih interaktif, dapat mendukung pencapaian hasil yang lebih baik dalam pendidikan profesi guru. Program penjaminan mutu perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk menjaga keberhasilan kelulusan mahasiswa di masa mendatang. Pendekatan berbasis teknologi dan evaluasi berkelanjutan dapat menjadi elemen kunci dalam mendukung kelulusan mahasiswa.