Analisa Sikap Guru Penjas Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di Kecamatan Wonosalam
Keywords:
sikap guru penjas, teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran daringAbstract
Juni Nurmila. NPM. 16230131. “Analisa Sikap Guru Penjas Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di Kecamatan Wonosalam”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2019. Pembimbing I Fajar Ari Widiyatmoko, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Muh Isna Nurdin W, S.Pd., M.Kes.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei cross-sectional, Semua data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 guru penjas dari semua jenjang sekolah.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran penjas antar jenjang dan terdapat perbedaan sikap guru penjas antar jenjang dalam pembelajaran daring, dimana guru penjas yang mengajar antar jenjang SD dengan SMP dan SMA memiliki sikap yang berbeda dalam penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi karena memiliki nilai Sig < α (0,05) . Sedangkan guru penjas yang mengajar pada jenjang SMP dan SMA memiliki sikap yang sama dalam penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi karena memiliki nilai Sig > α (0,05).
Kata Kunci: sikap guru penjas,teknologi informasi dan komunikasi, pembelajatan daring