Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Psikologi Olahraga Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Keywords:
Efektivitas, Buku Ajar Berbasis Android, Hasil Belajar, Psikologi Olahraga,Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas atau kelayakan buku ajar Psikologi Olahraga berbasis android yang mencakup 3 aspek penilaian yakni aspek materi, aspek bahasa dan aspek media. Validasi kelayakan dilakukan oleh validator ahli di masing-masing aspek bidang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan buku ajar Psikologi Olahraga berbasis android terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Yang mana hasil belajar mahasiswa didefinikan dalam 3 ranah yakni ranah kognitif, ranah afektif serta ranah psikomotorik. Penelitian ini jenis penelitian quasi eksperimen. Analisis data menggunakan uji t-test dan N-Gain Score untuk mengetahui efektivitasnya. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa buku ajar Psikologi Olahraga berbasis android memiliki kelayakan yang sangat bagus dari aspek bahasa, aspek materi dan aspek media menurut validator ahli. Sementara itu penggunaan buku ajar Psikologi Olahraga berbasis android ini memiliki efektivitas kategori sedang terkait dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa ranah kognitif, memiliki efektivitas dengan kategori tinggi terkait peningkatan hasil belajar mahasiswa pada ranah afektif, serta memiliki efektivitas kategori tinggi juga dalam kaitannya dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada ranah psikomotorik.