Peran Guru PPKN Dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di SMPN 10 Semarang
Keywords:
peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, partisipasi peserta didik, pembelajaran dalam jaringanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi peserta didik melalui pembelajaran dalam
jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif. Setting penelitian ini di SMPN 10 Semarang dengan fokus peran guru Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi peserta didik melalui pembelajaran
dalam jaringan. Sumber data ini diambil melalui wawancara dengan guru PPKn, peserta didik serta
dilengkapi observasi maupun dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Kesimpulan
penelitian ini, menyiapkan perangkat pembelajaran daring, menelfon peserta didik yang tidak
mengikuti, menggunakan komputer dan handphone. Saran yang peneliti sampaikan kepada guru
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan guru yang sudah menguasai teknologi alangkah baiknya
mengajarkan kepada guru yang kurang memahami teknologi.