PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN SLIDE BERSUARA DALAM PPKn KELAS XI
Keywords:
Slide Bersuara, Hasil BelajarAbstract
Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru agar menarik siswa
dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif, yang menggunakan
kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini berjumlah 52 siswa, kelas eksperimen sejumlah 29
dan kelas kontrol sejumlah 23. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes
Analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Hasil
penelitian. Dari hasil uji-t dua pihak, dan setelah diuji dari hasil perhitungan menggunakan uji t-test diketahui
bahwa nilai Independent Samples Test pada bagian Equal variances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,015 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test
dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh dalam penggunaan media slide bersuara di SMK Muhammadiyah 2 Belik Pemlang. Simpulannya
adalah bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan slide bersuara dalam PPKn kelas XI
di SMK Muhamadiyah 2 Belik, saran untuk guru agar dapat menggunakan slide bersuara sebagai salah satu
alternatif media dalam pembelajara agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran
PPKn