Upaya Guru Menerapkan Sistem Among Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Institut Indonesia Kota Semarang

Authors

  • Khoirun Nisa Istanti
  • Maryanto
  • Supriyanto

Keywords:

Upaya Guru, Penerapan Sistem Among, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Penerapan upaya guru dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan sistem among. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan sistem among. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan uji keabsahan data Triangulasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah Data Collection, Data Reduction, Data Display, concluision drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem among seorang guru telah nampak dari adanya kesiapan seorang guru ketika akan memulai pembelajaran sampai adanya contoh implementasi dari sistem among tersebut. Selain itu dari pihak sekolah sudah menerapkan sistem among meskipun masih tetap adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengimplementasiannya. Oleh karenanya upaya guru menerapkan sistem among yang diterapkan lebih mudah dilaksanakan jika pembelajaran dilaksanakan secara offline, meskipun demikian guru masih berusaha agar peserta didik dapat semangat belajar dan masih berkomunikasi dengan gururnya meskipun melalui media sosial (Grup WhatsaAp)

Downloads

Published

2021-12-21