PERAN KEPALA KELURAHAN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA DEMOKRASI DIKELURAHAN SENDANGGUWO KOTA SEMARANG

Authors

  • Fahrur Rozi

Keywords:

peran, kepala kelurahan, demokrasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran demokrasi sangat diperlukan dalam masyarakat dan pemerintahan, pencapaian tujuan pembangunan nasional, pemerintah merupakan alat kelengkapan negara yang mempunyai peranan penting untuk mencapai cita-cita dan tujuan negara. Di dalam pencapaiannya, pemerintah harus menjalankan fungsinya dengan baik dan sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat menjadi faktor penentu keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan suatu bangsa.     

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini difokuskan peran kepala kelurahan dalam meningkatkan budaya demokrasi di Kelurahan Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa ringkasan materi untuk wawancara mendalam yang dilakukan pada subyek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Kualitatif dimana data yang diperoleh tidak disajikan dalam angka.

Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan uraian di atas, menyimpulkan bahwa dalam mengembangkan kehidupan demokrasi merupakan kewajiban bagi desa sebagai sebuah konsekuensi otonomi, dimana dalam konsep otonomi kewenangan yang diberikan dimaknai sebagai tanggung jawab untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan sistem demokrasi. Namun prinsip demokrasi yang diterapkan di desa harus dikembangkan sesuai dengan asas rekognisi dan subsidiaritas yang berbasis pada sosio budaya desa. Sehingga pelaksanan dan pengembangan kehidupan demokrasi di desa tidak hanya dilakukan demi demokrasi itu sendiri, melainkan berorientasi pada kemajuan kolektif masyarakat desa. Dana desa menjadikan sebuah pergeseran demokrasi kerena banyaknya penyalahgunaan pada prioritas dari kepala desa. Masyarakat desa tidak mementingkan musaywarah dalam dalam sistem demokrasi untuk menacri pemimpin untuk dijadikan sebagai kepala desa

Downloads

Published

2021-12-21