PERAN KESBANGPOLINMAS DALAM MENANAMKAN IDEOLOGI PANCASILA PADA GENERASI MUDA DI KABUPATEN REMBANG

Authors

  • Dedy Dwi Saputro

Keywords:

Peran, Kesbangpolinmas, Ideologi Pancasila

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa kebersamaan masyarakat sebenarnya dibangun diatas keanekaragamaan (budaya, etnis, bahasa, agama dan sebagainya), sehingga perpecahan merupakan benih yang subur dan siap meledak setiap saat. Mengingat pentingnya ideologi bagi sebuah negara, maka pembinaan secara terus menerus agar ideologi yang diterimanya semakin mengakar dan pada gilirannya mampu membimbing masyarakat menuju pemikiran yang relatif sama. Upaya memahami ideologi bagi suatu bangsa juga dapat dilakukan melalui pemahaman tentang fungsi ideologi yang dianut oleh suatu negara.

 

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada Peran Kesbangpolinmas Dalam Menanamkan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda di Kabupaten Rembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa ringkasan materi untuk wawancara mendalam yang dilakukan pada subyek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dimana data yang diperoleh tidak disajikan dalam angka.

 

Hasil penelitian menunjukkan Peran Badan Kesbangpolinmas dalam Penanganan konflik dan kewaspadaan nasional di jawa tengah dengan melakukan kegiatan berupa sosialisasi, seminar dan forum diskusi. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan tim penanganan konflik sosial, peningkatan kapasitas masyarakat sipil dalam penyelesaian konflik sosial, peningkatan kapasitas elemen masyarakat dalam bidang kewaspadaan dan deteksi dini dan pengawasan orang asing.

 

Downloads

Published

2021-12-21