Peran Kuliah Kerja Nyata Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Kuliah Kerja Nyata, Pemberdayaan Masyarakat, Pandemi Covid-19Abstract
Kegiatan kuliah kerja nyata Universitas PGRI Semarang di masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 dilakukan di wilayah domisili masing-masing mahasiswa. Kegiatan yang biasanya diadakan secara langsung dan berkelompok, kali ini dilakukan secara individu dan secara Luring, maupun Daring dikarenakan dalam keadaan pandemi. Masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kuliah kerja nyata Universitas PGRI Semarang dalam upaya pemberdayaan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di kampus Universitas PGRI Semarang. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dengan 21 mahasiswa tiap program studi, wawancara kepala pusat pemberdayaan masyarakat dan KKN, wawancara dengan 1 masyarakat, dan dokumantasi. Hasil penelitian yang diperoleh KKN Universitas PGRI Semarang yang dilakukan di masa pandemi bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19 terhadap warga yang di dalam lingkunganya terdapat mahasiswa KKN disana. Dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh mahasiswa masyarakat menjadi terbantu dan teredukasi. Saran yang dapat disampaikan mahasiswa KKN harus bersosialisasi kepada masyarakat dengan pendekatan yang baik agar masyarakat dapat ikut serta dalam kegiatan pemberdayaan, kemudian program kerja mahasiswa diharapkan berpedoman pada tujuan dan manfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.