Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di SMA Teuku Umar Semarang

Authors

  • Sayekti Brotojoyo
  • Agus Sutono Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Upaya Guru, PPKN, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya partisipasi peserta didik yang masih kurang aktif selama pembelajaran daring dan peserta didik yang masih mengharapkan guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekaligus strategi guru PPKn dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMA Teuku Umar Semarang. Metodenya menggunakan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya bahwa upaya guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMA Teuku Umar Semarang yaitu adanya persiapan pembelajaran daring berupa RPP, daftar hadir, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan metode, media esmatus  sekaligus sumber belajar. Melalui persiapan dan pelaksanaan pembelajaran daring tersebut upaya guru PPKn berupa pemberian materi power point, pemberian materi berupa video pembelajaran, penugasan wawancara dan pembuatan video pembelajaran sehingga keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring terus meningkat. Kesimpulannya yaitu persiapan pembelajaran daring berupa RPP, daftar hadir siswa ,sumber belajar. Pelaksanaannya dengan metode tanya jawab, media (Esmatus, Google Form, dan WhatsApp), penilaian dan evaluasi guru PPKn. Melalui metode dan media tersebut guru memberikan Power Point, memberikan video pembelajaran, tugas wawancara siswa, dan tugas pembuatan video pembelajaran oleh siswa.

Downloads

Published

2021-12-21