Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mranggen Kabupaten Demak

Authors

  • Yayuk Yulia Evananda
  • Agus Sutono Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peran guru, PPKn, Pendidikan Karakter

Abstract

Kurangnya partisipasi peserta didik dalam penanaman pendidikan karakter religius yang diterapkan oleh pihak sekolah, seperti pembiasaan membaca Asmaul Husna saat memulai pembelajaran dan mengikuti solat dzuhur berjamah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penanaaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mranggen kabupaten Demak. Metode dalam penelitian ini  menggunakan metode penelitian kualitatif. Dan juga menggunakan uji keabsahan data Trianggulasi Teknik, yaitu membandingkan data dari wawancara, observasi, serta dokumen-dokumen yang  didapatkan di lapangan. Analisis data dilakukan dengan langkah Data Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing/Veritification. Hasil penelitian ini dalam penanaman pendidikan karakter religius kepada peserta didik dengan bukti yang didapatkan dari wawancara wakil kepala sekolah dengan menggunakan metode angket, wawancara dengan guru PPKn dan siswa dengan metode wawancara langsung, dengan hasil anak menerapkan pendidikan karakter religius yang diberikan sekolah yaitu membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran. Pendidikan karakter religius sangat berpengaruh untuk peserta didik karena dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Selain itu juga pendidikan karakter religius dan moral berpengaruh besar karena dapat menambah  rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Downloads

Published

2021-12-21