PENGGUNAAN SITUS RUANG SINAU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KRAGAN REMBANG
Keywords:
Ruang Sinau, Prestasi, BelajarAbstract
Penggunaan Situs Ruang Sinau Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertamaa Negeri 1 Kragan Rembang. Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran daring yang menggunakan Ruang Sinau. Pembelajaran daring identik dengan kurang tersampainya materi pembelajaran dan banyaknya penugasan sehingga akan berpengaruh terhadap nilai dan prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar peserta didik digambarkan dalam hasil akademik peserta didik berupa nilai ulangan, ujian, maupun penugasan. Tujuan daripada penelitian ini guna memperoleh “Efektivitas Penggunaan Situs Ruang Sinau Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kragan Rembang”. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi yang menggunakan kelas eksperimen dan kontrol, yaitu diberi perlakukan yang berbeda pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas dan reliabilitas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PPKn pada kelas eksperimen yang menggunakan Ruang Sinau dengan pembelajaran konvensional di SMPN 1 Kragan.