Implementasi Visi Dan Misi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Jekulo Kudus

Authors

  • Ulin Nikmah
  • Suwarno Widodo

Keywords:

Implementasi, Visi, Misi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembentukan karakter peserta didik yang sulit untuk dilakukan. Pembentukan karakter yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan mengintegrasikan pembentukan karakter kedalam visi dan misi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat yang digunakan untuk penelitian ini yaitu di SMAN 1 Jekulo Kudus. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, guru Bimbingan Konseling, dan peserta didik. Fokus dalam penelitian ini yaitu implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus dengan bukti yang didapatkan dari observasi langsung ke sekolah mengenai kondisi lingkungan sekolah, sarrana dan prasarana sekolah, dan juga wawancara dengan kepala sekolah, guru PPKn dan guru BK dan wawancara dengan siswa menggunakan metode wawancara secara offline dan online, dengan hasil: implementasi visi dan misi sekolah dalam membentuk karakter peserta didik dipengaruhi oleh kesadaran seluruh warga sekolah untuk dapat berpartisipasi secara aktif , guru memberikan motivasi-motivasi berupa pemberian pengalaman inspiratif terhadap siswa, serta sarana dan prasarana yang menunjang untuk pembentukan karakter siswa.

Downloads

Published

2021-12-21