Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas XI melalui Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Belik
Keywords:
Peran Guru, Partisipasi, PPKnAbstract
Vena fotkiani “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas XI melalui pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Belik”.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi fisik, mental dan emosional pada siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn khusunya kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPkn dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas XI melalui pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Belik.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Setting penelitian ini di SMA Negeri 1 Belikdengan focus Peran Guru PPKn dalam meningkatkan Partisipasi Siswa kelas XI melalui Pembelajaran Daring.Sumber data ini adalah wawancara terhadap Guru PPKn kelas XI dan siswa kelas XI dilegkapi dengan dokumentasi,observasi maupun foto beserta data lain yang berkaitan dengan penelitian.Keabsahan data penelitian menggunakan Trianggulasi teknik,dengan membandingkan data dari wawancara,observasiserta dokumen-dokumen yang didapatkan dilapangan, karena data yang dikumpulkan abanyak,maka diadakan reduksi data, setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data.Apabila ketiga tahapan sudah selesai, dilaksanakan, kemudian kemudian data tersebut disajikan berupa laporan yang dapat ditaik kesimpulan dan dapat dikoreksi atau direduksi kemudian disajikan kembali.
Hasil Penelitian Peran Guru PPKn dalam meningkatkan partisipasi siswa melalui pembelajaran daring dengan bukti yang didapatkan dari observasi pembelajaran PPKn, wawancara dengan guru PPKn kelas XI dan wawancara dengan siswa menggunakan metode wawancara menggunakan Whatshap, dengan hasil: siswa berpartisipasi dalam pembelajaran dipengaruhi oleh kesadaran belajar pada diri siswa itu sendiri , guru ,serta dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar seperti teman serta fasilitas pembelajaran daring yang mewadai.Kesimpulan dari penelitian,kegiatan guru PPKn untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran daring, partisipasi secara fisik: memotivasi siswa untuk belajar,menanyakan materi sebelumnya, memutar video pembelajaran , menampilkan PPT, melibatkan siswa membaca PPT secara mental: memunculkan pembelajaran diskusi, presentasi kelompok dan secara emosional: memberikan tugas lanjutan.