OPTIMIZATION OF INVOLVEMENT OF TRI EDUCATION CENTERS IN IMPLEMENTATION STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION
Keywords:
optimalisasi, tri pusat pendidikan, penguatan pendidikan karakterAbstract
Masalah utama: bagaiman mengoptimalkan pelibatan Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)? Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi pelibatan Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi PPK. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menelaah regulasi dan hasil penelitian yang relevan. Hasil telaah menunjukkan bahwa optimalisasi pelibatan Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi PPK dilakukan dengan memfungsikan kemitraan Tri Pusat Pendidikan, yang meliputi: (1) Sekolah (Pendidikan Formal), melalui kegiatan Intrakurikuler di satuan pendidikan TK dan melalui kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler, yang dilaksanakan secara kreatif dan terpadu di satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar atau menengah; (2) Keluarga, melalui kegiatan bersama dan pelibatan keluarga di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat; (3) masyarakat, melalui pelibatan perorangan, kelompok masyarakat, dan/atau lembaga. Pendekatan yang digunakan berbasis: (a). kelas, (b) budaya sekolah, (c) masyarakat, yang pelaksanaannya mengacu pada ketentuan yang berlaku dan disesuaikan dengan karakteristik Tri pusat Pendidikan.