OPTIMIZATION OF INVOLVEMENT OF TRI EDUCATION CENTERS IN IMPLEMENTATION STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION

Authors

  • Titik Haryati

Keywords:

optimalisasi, tri pusat pendidikan, penguatan pendidikan karakter

Abstract

Masalah  utama: bagaiman mengoptimalkan pelibatan Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)? Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  optimalisasi pelibatan  Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi  PPK. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menelaah regulasi  dan hasil penelitian yang relevan. Hasil telaah menunjukkan bahwa  optimalisasi pelibatan Tri Pusat Pendidikan dalam implementasi PPK  dilakukan dengan memfungsikan kemitraan  Tri Pusat Pendidikan, yang meliputi: (1) Sekolah (Pendidikan Formal),  melalui kegiatan Intrakurikuler di satuan pendidikan TK dan melalui   kegiatan   Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler, yang dilaksanakan secara kreatif dan terpadu di satuan  pendidikan  jenjang  pendidikan  dasar  atau menengah;  (2) Keluarga, melalui kegiatan bersama dan pelibatan keluarga di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat; (3) masyarakat, melalui pelibatan perorangan, kelompok masyarakat, dan/atau lembaga. Pendekatan yang digunakan berbasis: (a). kelas, (b) budaya sekolah, (c) masyarakat, yang pelaksanaannya mengacu pada ketentuan yang berlaku dan disesuaikan dengan karakteristik Tri pusat Pendidikan.

Downloads

Published

2021-12-21