Analisis Keberlangsungan Usaha Jajanan Tradisional Dalam Persaingan Usaha Dengan Jajanan modern Di Pasar Peterongan Kota Semarang
Keywords:
Jajanan Tradisional, Persaingan Usaha, Jajanan ModernAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelaku usaha mempertahankan keberlangsungan jajanan tradisional, faktor yang menyebapkan masyarakat lebih menyukai jajanan modern, Strategi yang diterapkan pelaku usaha untuk menunjang penjualan jajanan tradisional. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data.Dalam penelitian ini sumber data yang diperoleh dalam menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan langkah, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data primer yang digunakan berupa hasil wawancara dilapangan yang diperoleh melalui wawancara dengan pelaku usaha jajanan tradisional di Pasar Peterongan kota Semarang. Objek penelitian terdiri dari 3 pelaku usaha, 4 konsumen dan 2 dinas UMKM. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaku usaha mempertahankan keberlangsungan usahanya yaitu dengan memperhatikan kualitas produk jajanan tradisional agar tidak menggunakan pemanis buatan melainkan gula asli serta memberikan pelayanan yang ramah dan menjual dengan harga yang terjangkau, sedangkan faktor yang menyebapkan masyarakat lebih menyukai jajanan modern di Pasar Peterongan yaitu kualitas produk, kemasan yang menarik, parkiran luas, promosi menggunakan media sosial serta berada di lokasi yang strategis dan strategi yang diterapkan pelaku usaha untuk menunjang penjualan jajanan tradisional di pasar peterongan yaitu pelayanan ramah, memberikan gratis ongkos kirim dan memberikan bonus jika membeli produk dengan jumlah yang banyak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas produk, promosi, lokasi, harga dapat dijadikan sebagai upaya dalam mempertahankan keberlangsungan usaha jajanan tradisional.