Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YAPTI Godong Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Rina Sriningsih
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

motivasi belajar, efikasi diri, prestasi belajar

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu sebesar 68 % siswa dari 75 jumlah siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan, rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan, dan rendahnya efikasi diri siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri siswa secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode asosiatif kausal. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner. Uji validitas ini dilakukan dengan menggunakan corrected item-total correlation uji satu sisi dengan taraf signifikansi (Sig.) 5%, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha  > 0,70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar, (3 terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan efikasi diri secara simultan terhadap prestasi belajar.

Downloads

Published

2021-12-21