Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara
Keywords:
disiplin belajar, motivasi belajar, fasilitas belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu disiplin belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Jenis penelitian penelitian kuantitatif, pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel yaitu 108 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA Negeri 1 Tahunan, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar, (4) terdapat pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar.