EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PATI
Keywords:
efektifitas, microsoft teams, minat belajar, keaktifanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Kemendikbud dimasa darurat Covid-19 yang mengeluarkan surat edaran No. 4 tahun 2020. Hal ini menyebabkan (1) pembelajaran yang tidak dapat dilakukan dengan tatap muka, (2) perhatian siswa dalam pembelajaran daring kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan pemanfaatan Microsoft Teams oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring.Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas X –IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan medel Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan Microsoft Teams oleh guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pati pada pembelajaran daring belum efekfif. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di dalam penggunaan Microsoft Teams yang belum optimal. Selain itu juga efektivitas penggunaan Microsoft Teams bagi siswa dalam pembelajaran daring ini dapat dilihat dari minat siswa, kretifitas siswa, keaktifan siswa juga yang masih kurang didalam pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam penggunaan Microsoft Teams termasuk katergori baik, dikarenakan seluruh siswa mendapatkan nilai diatas ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu 75.