Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kejuruan (X IPS) SMAN 2 Rembang
Keywords:
pembelajaran daring, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan daring dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar siswa. Di tengah pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan siswa belajar dirumah dengan jarak
jauh dan tidak bertatap muka secara langsung akan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini
menggunakan jenis kuantitatif, untuk mengetahui adakah pengaruh antar variabel atau lebih. Pengumpulan
data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari instrumen angket dan data
sekunder didapat dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada sampel ini berjumlah 125 siswa. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS, dengan melakukan uji asumsi klasik, uji regresi
linier berganda, uji t dan uji f.Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan variabel pembelajaran daring
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan variabel motivasi belajar memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Analisis hasil penelitian juga menunjukan pembelajaran
daring dan motivasi belajar secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.