ANALISIS KEBERLANJUTAN USAHA TOKO KELONTONG DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Ema Nor Alfiani

Keywords:

keberlanjutan usaha, pendapatan, persaingan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang memilih berbelanja di minimarket dari pada di toko kelontong, yang menyebabkan menurunnya omset toko kelontong. Rumusan masalah pada penelitian ini, Pertama bagaimana cara untuk meningkatkan pendapata pedagang toko kelontong  di Kecamatan Jekulo?. Kedua bagaimana Strategi keberlanjutan toko kelontong di Kecamatan Jekulo dalam menghadapi persaingan dengan minimarket?. Tujuan pada penelitian ini, Pertama menganalisis cara untuk meningkatkan pendapata pedagang toko kelontong  di Kecamatan Jekulo. Kedua menganalisis Strategi keberlanjutan toko kelontong di Kecamatan Jekulo dalam menghadapi persaingan dengan minimarket. 

Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan realita yang ada dan dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian. 

Hasil penelitian ini yaitu dengan cara berjualan melalui wa seperti membuat story, menjual barang dagangan yang tidak di jual di minimarket  seperti es batu, obat eceran,dll.  

 Kesimpulan pada penelitian ini yaitu meningkatkan pendapatan pedagang dengan menggunakan listrik dan air seperlunya,  melengkapi stok barang dagangan yang banyak di beli konsumen. Strategi keberlanjutan usaha yaitu dengan cara menawarkan jasa pengantaran barang, melayani pembelian secara online, berperilaku ramah dalam melayani pembeli. Saran pada penelitian ini yaitu menjual produk di media sosial  selain itu berjualan di marketplace, menjaga kebersihan toko kelontong,  melakukan penataan barang dagangan sesuai dengan jenisnya dan menjual barang dagangan yang tidak di jual di minimarket.

Downloads

Published

2021-12-21