Pengaruh E-learning, Minat Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA N 1 Bae Kudus

Authors

  • Ardiya Nanda Arisky
  • Aryan Eka Prastya Nugraha Universitas PGRI Semarang

Keywords:

e-learning, minat belajar, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan saat praktik magang 3 dalam proses belajar mengajar pada siswa, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi masih belum optimal. Kenyataan ini dapat dilihat dari perolehan nilai yang didapatkan masih banyak yang dibawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Masalahan ini cenderung dipengaruhi karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, populasi pada penelitian ini berjumlah 143 siswa sedangkan sampel pada penelitian sejumlah 106 siswa yang diambil dengan teknik acak dalam pengambilan sampel. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa e-learning, minat belajar dan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar.

 

Downloads

Published

2021-12-21