Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan

Authors

  • Angga Yuda Windhiarto

Keywords:

fasilitas belajar, motivasi, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkara yang muncul prestasi belajar di SMA Negeri 1 Grobogan yang pada tahun sebelumnya alami pengurangan. Informasi tersebut diperoleh dari rata- rata nilai peserta didik dari tahun pelajaran 2018/ 2019 serta 2019/ 2020 Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan.

Tujuan penelitian ini ialah mengenali pengaruh fasilitas belajar serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Grobogan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran 2020/ 2021dengan jumlah 105 peserta didik. Sampel yang diambil sebanyak 105 orang dengan memakai metode Non Probality Sampling dengan tipe Sampling Jenuh. Setelah itu diolah dengan memakai SPSS.

Hasil penelitian ini menampilkan kalau fasilitas belajar serta motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grobogan. Perihal ini dibuktikan dengan variabel fasilitas belajar mendapatkan nilai sebesar thitung 2, 376 serta motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar thitung 2, 803 lebih besar dari nilai ttabel 1, 983. Tidak hanya itu, nilai signifikansi variabel fasilitas belajar 0, 019 serta motivasi belajar 0, 006 yang maksudnya H1, H2, serta H3 diterima, yang berarti fasilitas belajar serta motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Grobogan.

Downloads

Published

2021-12-21