PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA KELAS XII SMA N 1 BANJARHARJO TAHUN AJARAN 2020/2021
Keywords:
status sosial, iteraksi teman sebaya, motivasiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan. Penelitian ini jenis penelitian asosiatif kausal agar mengetahui ada atau tidaknya pengaruh atau hubungan antara variable dependen dengan variabel independen. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 336 siswa, dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 336 siswa sedangkan sampel dari penelitian ini 167 siswa. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji t dan uji F. Hasil dari analisa data menunjukan bahwa status sosial ekonomi orangtua dan interaksi teman sebaya secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikanke perguruan tinggi.