Strategi Mempertahankan Usaha Bandeng Presto Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tambakrejo Semarang

Authors

  • Ziyan Muflikhatin

Keywords:

kualitas pelayanan, sdm, inovasi produk, pemasaran online, strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi produk, pemasaran online, peningkatan kualitas pelayanan konsumen, peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mempertahankan usaha bandeng presto pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Tambakrejo Semarang. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan pedoman pada teori strategi dalam mempertahankan usaha dimasa pandemi. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian terdiri dari 2 pemiliki usaha bandeng presto (Putri Laut dan Bu Fatkhan), 3 karyawan dan 1 pemerintah setempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi inovasi produk (kualitas dan kemasan), pemasaran online, peningkatan kualitas pelayanan konsumen dan peningkatan kualitas sumber daya manusia menunjukan pengaruh yang positif terhadap tingkat kepercayaan dan minat beli konsumen serta kualitas produk yang dihasilkan dari kinerja yang baik. Sedangkan strategi inovasi produk pada penambahan varian produk menunjukan pengaruh yang kurang positif karena memiliki jumlah permintaan yang sedikit dibandingkan dengan produk bandeng presto yang jauh memiliki jumlah permintaan yang banyak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi inovasi produk, pemasaran online, peningkatan kualitas pelayanan konsumen dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dijadikan sebagai upaya dalam mempertahankan usaha bandeng presto pada masa pandemi di Kelurahan Tambakrejo Semarang.

Downloads

Published

2021-12-21