ANALISIS lPENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI KURIPAN SUBAH KABUPATEN BATANG
Keywords:
analisis, swot, strategi pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) lbagaimana lpotensi lobyek lwisata lPantai lKuripan; ldan l(2) lbagaimana lstrategi lpengembangan lobyek lwisata lPantai lKuripan. lMetode lpenelitian lyang ldigukana lpada lpeneltian lini ladalah lmetode lkualitatif ldeskriptif. lTeknik pengumpulan ldata ldalam lpenelitian lini lmenggunakan lwawancara, lobservasi ldan ldokumen. lTeknik lanalisis ldata lmenggunakan lanalisis lSWOT. lPenelitian lini lberlokasi ldi lDesa lKuripan lKecamatan lSubah lKabupaten lBatang, ldengan lsubjek lsebanyak l6 lnarasumber ldan lsebagai linforman ladalah lpengelola lpantai, lpenjual ldan lmasyarakat. lHasil lpenelitian lmenunjukkan luntuk lpotensi lalam ldengan larahan latraksi lwisata lyakni lsesuatu lyang lmenarik luntuk ldilihat, ldirasakan, ldinikmati ldan ldimiliki loleh lwisatawan. lArahan lpengembangan lobjek lwisata lPantai lKuripan ladalah ldengan ldilakukan larahan lkebijakan lrencana ltata lruang. lPantai lKuripan ldi lperuntukkan lsebagai lDestinasi lTujuan lWisata l(daerah ltujuan). lKawasan lpantai lini ldiperuntukkan luntuk laktivitas lwisata ldengan ltidak lmengabaikan lkelestarian llingkungannya.