Pengaruh Faktor Sosial, Harga Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Di Pasar Tradisional
Keywords:
faktor sosial, harga produk, kualitas produk, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya persaingan yang semakin ketat menyebabkan keberadaan pedagang kosmetik di pasar tradisional makin lama makin terpinggirkan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh faktor sosial, harga roduk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik di pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah masyarakat yang penah membeli kosmetik. Instrument pengumpulan data memakai kuesioner dengan sampel berjumlah 96 responden lain secara langsung menggunakan teknik nonprobability sampling, pengolahan data menggunakan aplikasi bantuan SPSS 25. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil uji t dengan variabel faktor sosial diperoleh thitung 5,865 > 1,986 dengan signifikan 0,000 < 0,05, kemudian untuk thitung variabel harga produk 3,155 > 1,986 dengan signifikansi 0,002 < 0,05 dan untuk thitung variabel kualitas produk 2,920 > 1,986 dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Hasil uji F (simultan) dengan Fhitung 61,158 < 2,70 dengan tingkat signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga model regresi yang diperoleh yaitu Y=-12,477+ 0,841X1+0,505X2+0,276X3+e. Kesimpulan hasil penelitian antara faktor sosial, harga produk, dan kualitas produk, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik di pasar Tradisional.