PENGARUH KEMANDIRIAN, PEMANFAATAN WAKTU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK YATPI GODONG
Keywords:
kemandirian belajar, pemanfaatan waktu, fasilitas belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, pemanfaatan waktu belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XI jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang berjumlah 130 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang ditunjukkan dengan t-hitung 2,829 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. (2) Pemanfaatan waktu belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang ditunjukkan dengan t-hitung 5,516 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang ditunjukkan dengan t-hitung 3,326 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (4) Kemandirian belajar, pemanfaatan waktu belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang ditunjukkan dengan F-hitung 22,627 > F-tabel 2,700 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.