AKTIVITAS ANALISIS DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMA / SMK KELAS X DAN XI Se KECAMATAN MRANGGEN 2021

Authors

  • Wibisono Johan Prakoso

Keywords:

aktivitas fisik, daring, olahraga

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pembelajaran daring yang mempengaruhi aktivitas fisik siswa selama pandemi Covid-19, oleh karena itu perlu adanya gambaran aktivitas fisik siswa selama School From Home (SFH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan tingkat aktivitas fisik siswa SMA dan SMK kelas X dan XI Kecamatan Mranggen selama pandemi Covid-19. 

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif  kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK kelas X dan XI Kecamatan Mranggen menggunakan teknik Total Sampling

Hasil penelitian aktivitas fisik yang dilakukan siswa kelas X dan XI SMA dan SMK Kecamatan Mranggen banyak siswa yang melakukan aktivitas fisik dengan kategori sedang dibandingkan dengan kategori berat berdasarkan hitungan menit per minggu. Aktivitas fisik yang sering dilakukan oleh siswa yaitu bersepeda sebanyak 46 % atau 370 siswa. Sedangkan senam 3% atau 32 orang siswa aktivitas fisik yang paling sedikit dilakukan. 

Simpulan penelitian ini adalah aktivitas fisik pada siswa kelas X dan XI Kecamatan Mranggen menunjukan bahwa lebih banyak aktivitas fisik kategori sedang. Banyaknya kegiatan aktivitas fisik yang menjadi pilihan para siswa, tidak hanya jogging tetapi bersepeda yang sangat banyak peminatnya selain itu futsal atau sepak bola juga menjadi pilihan lainnya bagi siswa.

 Saran, harapannya selama pandemi Covid-19 meskipun banyak waktu dirumah para siswa, guru dan masyarakat lainnya mau melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kebugaran minimal 30 menit dan dilakukan 3 kali dalam 1 minggu, karena manfaat aktivitas fisik ini untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga menjadikan sarana rekreasi.

Downloads

Published

2021-12-21