Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Penjasorkes SMA/SMK Kelas XI Se Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2021

Authors

  • Rizal Maulana

Keywords:

kesulitan siswa, daring, pjok

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah kendala yang dialami siswa di kecamatan Taman kabupaten pemalang dalam pembelajaran daring akibat pandemic Covid-19, masih banyaknya siswa yang terkendala fasilitas mulai dari kuota internet, efisiensi waktu belajar. Oleh karena itu perlu adanya gambaran mengenai kesulitan yang di alami siswa selama proses pembelajaran daring mata pelajaran penjasorkes. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam pembelajaran penjas di SMA/SMK se Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan secara langsung terhadap sumbernya (data primer) yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner (angket) melalui Google Form kepada siswa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMA/SMK kelas XI se Kecamatan Taman pada masa pandemi Covid-19 ini sebanyak 65% siswa menyatakan setuju melakukan pembelajaran penjasorkes secara daring. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa siswa merasa setuju dengan metode pembelajaran daring untuk mata pelajaran penjas secara daring.

Simpulan penelitian ini menunjukan antusias siswa akan pembelajaran daring cukup tinggi. Hasil analisis tingkat kesulitan siswa memiliki nilai sebesar 65% artinya banyak siswa yang tidak merasa kesulitan menjalankan pembelajaran penjas secara daring karena sebagian besar siswa setuju dengan pembelajaran daring.

Downloads

Published

2021-12-21