PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBELM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING FREE THROW BOLA BASKET KELAS XI DI SMA 10 SEMARANG

Authors

  • Nicholas Agestha Gebri Arthusa

Keywords:

jigsaw, pbl, pembelajaran, bola basket

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan hasil belajar pada aspek psikomotor, kognitif dan afektif  baik dari siswa nilai  kelas XI  yang masih banyak yang di bawah kkm, di buktikan dengan nilai hasil belajar shooting free throw bola basket kelas XI  di tahun ajaran 2019 s/d 2020 dengan nilai di bawah kkm dengan nilai rata rata 63,7.  Metode pembelajaran yang akan digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian adalah model pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw dan Probelm Based Learning (PBL) yang diterapkan pada siswa XI. Pada kelas XI di berikan 2 model pembelajaran  yaitu Jigsaw dan Probelm Based Learning (PBL), kemudian membandingkan 2 model pembelajaran yang lebih efektif meningkatkan hasil belajar shooting free throw bola basket siswa kelas XI. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Dari hasil penelitian model pembelajaran Jigsaw dan Probelm Based Learning (PBL)  yang di terapkan pada kelas XI. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan skor pada nilai pre-test kelompok 1 model pembelajaran jigsaw sebesar 45.5237 sedangkan rata-rata nilai post-test sebesar 69.1429, dan hasil nilai rata-rata pre-test pada kelompok 2 dengan model pembelajaran Problem Base Learning ialah 45.5234, hasil rata-rata nilai post-test ialah 67.0486, dan model pembelajaran Jigsaw lebih efektif meningkatkan hasil belajar shooting free throw bola basket selisih nilai pre-test dan post-test model pembelajaran Jigsaw ialah 25,5 dan selisih nilai pre-test dan post-test model pembelajaran Problem Base Learning ialah 21,5. Saran Pembelajaran Jigsaw dan Problem Base Learning sangat bermanfaat untuk diterapkan disekolah untuk memacu motivasi, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-12-21